Kamis, 24 November 2011

Sejarah Keperawatan pada Masa Perkembangan Kekuasaan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perkembangan keperawatan, termasuk yang kita ketahui saat ini, tidak dapat dipisahkan dan sangat dipengaruhi oleh perkembangan struktur dan kemajuan peradaban manusia.
Pada permulaan Abad XVI, struktur dan orientasi masyarakat mengalami perubahan, dari orientasi kepada agama berubah menjadi orientasi kepada kekuasaan, yaitu: perang, eksplorasi kekayaan alam serta semangat kolonialisme. Pada masa itu telah terjadi kemunduran terhadap perkembangan keperawatan, dimana gereja dan tempat-tempat ibadah ditutup, sehingga tenaga perawat sangat jauh berkurang. Untuk memenuhi kekurangan tenaga tersebut maka digunakanlah bekas wanita jalanan (WTS) yang telah bertobat bekerja sebagai perawat, sehingga derajat seorang perawat turun sangat drastis dipandangan masyarakat saat itu.

1.2  Tujuan Penulisan
·         Untuk mengetahui sejarah keperawatan pada masa perkembangan kekuasaan,
·         Penambah bahan bacaan tentang sejarah keperawatan
·         Untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
·         Untuk memenuhi tugas yang telah diberikan oleh dosen pembimbing

1.3  Sistem Penulisan
Tim penyusun menggunakan sistem penulisan meliputi:
Ø  Metode Induktif
Menyimpulkan masalah dari yang khusus sampai menerangkan yang umum. 
Ø  Metode Deduktif
Menyimpulkan masalah dari yang umum sampai yang khusus. 
Ø  Metode Sebab Akibat
Membandingkan masalah yang sama dengan masalah yang lain.

BAB II
TINJAUAN TEORITIS

Sejarah Keperawatan pada Masa Perkembangan Kekuasaan
Pada pokoknya keperawatan mengalami kemajuan dan kemunduran yang drastis pada masa perkembangan kekuasaan ini, dimana pada masa perkembangan kekuasaan ini banyak terjadi perang, dan semangat kolonial.
Sebagai contoh yang di ambil adalah perkembangan keperawatan yang terjadi di Indonesia, yakni ketika Indonesia masih dijajah oleh Negara-negara Eropa.
Tim penulis memperoleh bahan-bahan makalah dari buku Konsep Dasar Keperawatan melalui tinjauan pustaka dan mengambil dari internet dengan situs yaitu:
-          www.google.co.id
-          www.yahoo.com

BAB III
PEMBAHASAN

Pada permulaan Abad XVI, struktur dan orientasi masyarakat berubah dari agama menjadi kekuasaan, yaitu perang, eksplorasi kekayaan dan semangat kolonial. Gereja dan tempat-tempat ibadah ditutup, padahal tempat ini digunakan oleh orde-orde agama untuk merawat orang sakit. Dengan adanya perubahan ini, sebagai dampak negatifnya bagi keperawatan adalah berkurangnya tenaga perawat. Untuk memenuhi kurangnya perawat, bekas wanita tuna susila yang sudah bertobat bekerja sebagai perawat. Dampak positif pada masa ini, dengan adanya perang salib, untuk menolong korban perang dibutuhkan banyak tenaga sukarela sebagai perawat, mereka terdiri dari orde-orde agama, wanita-wanita yang mengikuti suami berperang dan tentara (pria) yang bertugas rangkap sebagai perawat.

Pengaruh perang salib terhadap keperawatan :
a.       Mulai dikenal konsep P3K
b.      Perawat mulai dibutuhkan dalam ketentaraan sehingga timbul peluang kerja bagi perawat dibidang sosial.

Ada 3 Rumah Sakit yang berperan besar pada masa itu terhadap perkembangan keperawatan :
1.      Hotel Dieu di Lion
Awalnya pekerjaan perawat dilakukan oleh bekas WTS yang telah bertobat. Selanjutnya pekerjaan perawat digantikan oleh perawat terdidik melalui pendidikan keperawatan di RS ini

2.      Hotel Dieu di Paris
Pekerjaan perawat dilakukan oleh orde agama. Sesudah Revolusi Perancis, orde agama dihapuskan dan pekerjaan perawat dilakukan oleh orang-orang bebas. Pelopor perawat di RS ini adalah Genevieve Bouquet

3.      ST. Thomas Hospital (1123 M)
Pelopor perawat di RS ini adalah Florence Nightingale (1820). Pada masa ini perawat mulai dipercaya banyak orang. Pada saat perang Crimean War, Florence ditunjuk oleh negara Inggris untuk menata asuhan keperawatan di RS Militer di Turki. Hal tersebut memberi peluang bagi Florence untuk meraih prestasi dan sekaligus meningkatkan status perawat. Kemudian Florence dijuluki dengan nama “ The Lady of the Lamp”.

Perkembangan keperawatan di Inggris
Perkembangan keperawatan di Inggris sangat penting untuk kita pahami, karena Inggris melalui Florence Nightingle telah membuka jalan bagi kemajuan dan perkembangan keperawatan yang kemudian diikuti oleh negara-negara lain.
Florence Nightingle, lahir dari keluarga kaya dan terhormat pada tahun 1820 di Florence (Italia). Setahun setelah kelahirannya, keluarga Florence kembali ke Inggris. Di Inggris Florence mendapatkan pendidikan sekolah yang baik sehingga ia mampu menguasai bahasa Perancis, Jerman, dan Italia. Pada usia 31 tahun Florence mengikuti kursus pendidikan perawat di Keiserwerth (Italia) dan Liefdezuster di Paris, dan setelah pendidikan ia kembali ke Inggris.
Pada saat Perang Krim (Crimean War) terjadi di Turki tahun 1854, Florence bersama 38 suster lainnya di kirim ke Turki. Berkat usaha Florence dan teman-teman, telah terjadi perubahan pada bidang hygiene dan keperawatan dengan indikator angka kematian turun sampai 2%.
Florence kembali ke Inggris setelah perang Crimean. Pada tahun 1840 Inggris mengalami perubahan besar dimana sekolah-sekolah perawat mulai bermunculan dan Florence membuka sekolah perawat modern. Konsep pendidikan Florence ini mempengaruhi pendidikan keperawatan di dunia.
Kontribusi Florence bagi perkembangan keperawatan antara lain :
a.       Nutrisi merupakan bagian terpenting dari asuhan keperawatan.
b.      Okupasi dan rekreasi merupakan terapi bagi orang sakit
c.       Manajemen RS
d.      Mengembangkan pendidikan keperawatan
e.       Perawatan berdiri sendiri berbeda dengan profesi kedokteran
f.       Pendidikan berlanjut bagi perawat.

Perkembangan keperawatan di Indonesia
1.       Masa Penjajahan Belanda
Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, perawat berasal dari penduduk pribumi yang disebut Velpeger dengan dibantu Zieken Oppaser sebagai penjaga rumah sakit.
Tahun 1799 didirikan rumah sakit Binen Hospital di Jakarta untuk memelihara kesehatan staff dan tentara Belanda. Usaha pemerintah kolonial Belanda pada masa ini adalah membentuk Dinas Kesehatan Tentara dan Dinas Kesehatan Rakyat . Daendels mendirikan rumah sakit di Jakarta,Surabaya dan Semarang tetapi tidak diikuti dengan perkembangan profesi keperawatan karena tujuannya hanya untuk kepentingan tentara Belanda.

2.       Masa Penjajahan Inggris
Gubernur Jenderal Inggris ketika VOC berkuasa, yaitu Raffles sangat memperhatikan kesehatan rakyat. Berangkat dari semboyannya yaitu kesehatan adalah milik manusia, ia melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki derajat kesehatan penduduk pribumi antara lain;
-          Pencacaran umum
-          Cara perawatan pasien dengan gangguan jiwa
-          Kesehatan para tahanan

Setelah pemerintahan kolonial kembali ke tangan Belanda, kesehatan penduduk lebih maju. Pada tahun 1819 didirikan Rumah Sakit Stadverband di Glodok Jakarta dan pada tahun 1919 dipindahkan ke Salemba yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Tahun 1816-1942 berdiri rumah sakit–rumah sakit hampir bersamaan yaitu Rumah Sakit PGI Cikini Jakarta, Rumah Sakit ST. Carollus Jakarta, Rumah Sakit ST. Boromeus di Bandung, Rumah Sakit Elizabeth di Semarang. Bersamaan dengan itu berdiri pula sekolah-sekolah perawat.

3.       Masa Penjajahan Jepang
Pada masa ini perkembangan keperawatan mengalami kemunduran dan dunia keperawatan di Indonesia mengalami zaman kegelapan. Tugas keperawatan dilakukan oleh orang-orang tidak terdidik, pimpinan rumah sakit yang tadinya terdiri dari orang-orang Belanda kemudian diambil alih oleh Jepang, dan sebagian lagi oleh bangsa Indonesia. Obat-obatan dirasakan sangat kurang, oleh karenanya wabah penyakit timbul disana sini. Bahan-bahan bakutan sangat kurang, sampai akhirnya dipergunakannya daun pisang dan pelepah pisang.

4.       Masa Kemerdekaan
Keadaan rumah sakit dan keperawatan mengalami kekurangan-kekurangan terutama obat-obatan. Semenjak tahun 1949 Pemerintah mulai membangun dan menyusun kembali perbaikan-perbaikan di lapangan kesehatan, yaitu dengan di bangunnya rumah sakit dan balai pengobatan. Tahun 1952 didirikan Sekolah Guru Perawat dan sekolah perawat setingkat SMP. Pendidikan keperawatan professional mulai didirikan tahun 1962 yaitu Akademi Keperawatan milik Departemen Kesehatan di Jakarta untuk menghasilkan perawat professional pemula. Pendirian Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) mulai bermunculan, tahun 1985 didirikan PSIK (Program Studi Ilmu Keperawatan) yang merupakan momentum kebangkitan keperawatan di Indonesia. Tahun 1995 PSIK FK UI berubah status menjadi FIK UI (Fakultas Ilmu Keperawatan Universtas Indonesia). Kemudian muncul PSIK-PSIK baru seperti di Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Universitas Hasanuddin dan lain-lain.
Perkembangan-perkembangan lain tentang pendidikan berjalan terus, usaha perbaikan keperawatan baik di rumah sakit maupun diluar rumah sakitpun dijalankan.

BAB IV
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
-          Perkembangan keperawatan di pengaruhi oleh berbagai macam aspek, salah satunya kekuasaan seperti perang dan semangat kolonial.
-     Perkembangan keperawatan di Indonesia dipengaruhi oleh penjajah yaitu, Jepang Belanda dan Inggris
-     Perkembangan keperawatan sangat dipengaruhi oleh perkembangan struktur dan kemajuan peradaban manusia.

4.2  Saran
-          Dalam penulisan dan penyusunan makalah ini banyak terdapat kesalahan, oleh karena itu  penulis membutuhkan saran dan kritikan dari pembaca
-    Penulis menyarankan kepada pembaca agar dapat memahami dan memanfaatkan semestinya.
-          Tim penyusun berharap agar makalah-makalah berikutnya bisa lebih baik lagi.


DAFTAR PUSTAKA

·         Alimul, A.H. (2002), Pengantar pendidikan keperawatan. Sagung Seto: Jakarta
·         www.google.co.id
·         www.yahoo.com
·         Alimul, A.H. (2004) Pengantar Konsep dasar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

2 komentar:

  1. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    situs paling ternama dan paling terpercaya di Indonesia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman dengan respon tercepat.
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh pecinta judi online.

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66
    - PERANG BACCARAT ( NEW GAME )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit / Withdraw hanya 20.000,-
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Agen Domino 99 Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL

    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Terbaru
    TWITTER : SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Daftar SahabatQQ

    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop
    #sahabatQQ
    #winsahabatQQ
    #winsahabat
    #sahabatQQ2019
    #salamhoki88
    #windaftar

    BalasHapus